CARA MENENTUKAN CRS KOMPRESOR



Cara Mengetahui 3 Terminal Compressor (Common, Start, Run >> CSR) Kompresor jenis 1 Fasa memiliki 3 terminal/kutub (pada AC Split, Kulkas). Terminal/kutub ini sebagai tempat untuk menghubungkan listrik dari sumber PLN ke kompresor. Terminal yang ada pada kompresor ada tiga yaitu C (common / central), S (start), dan R (run). Posisi ketiga terminal ini berbeda-beda tergantung merk kompresor yang digunakan. Bila tanda untuk CSR pada Kompresor telah hilang, Untuk mengetahui terminal C, S, dan R dapat dilakukan dengan cara mengukur hambatan (resistansi) antara CS, CR, dan RS. Dimana hambatan yang terukur dari CS + CR harus sama dengan RS. Perlu diingat kesalahan pemasangan terminal compressor dapat mengakibatkan kerusakan pada compressor tersebut.


Rumus : CR + CS = RS Keterangan: Untuk diingat bahwa hambatan CR lebih besar dari hambatan CS (CR > CS) dan hambatan terbesar yaitu RS. Berikut akan di berikan contoh bagaimana cara mencari terminal pada kompresor. 1. Sebelum melakukan pengukuran, cabut komponen-komponen yang ada diatasnya seperti overload, relay magnet, atau kabel-kabel yang menempel pada kutub/terminal kompresor. 2. Untuk penamaan awal anggap saja ketiga kutub pada kompresor adalah X, Y, dan Z. 3. Atur skala tang ampere atau multi tester pada skala x 10 Ω. 4. Ukur hambatan dengan multitester, dansimpulkan hasilnya. Sebagai contoh kita dapat hasil pengukuran sebagai berikut:


Y-X. Terbaca 50 ohm X-Z. Terbaca 10 ohm Y-Z. Terbaca 60 ohm Hambatan terbesar yaitu 60 pada terminal YZ. Maka X adalah saluran C (common). Hambatan terkecil adalah X-Z, maka Y adalah S (start) Maka sudah dipastikan kutub Z adalah R (run).

11 Responses to "CARA MENENTUKAN CRS KOMPRESOR"

  1. Masukkan komentar Anda...gk konsistn,
    diatas disebutkn cr lbih besar dr cs.
    pda conth cr malah lebih kecil dr cs.
    artikel copyan y

    BalasHapus
  2. Setahu saya comon lebih besar gak tahu mana yg benar mana

    BalasHapus
  3. mau lebih pasti tes langsung..jangan lupa pake tang amperre..kalo ampere tinggi berarti running startingnya terbalik..kalo ampere normal tu da bener..ingat yg paling kecil itu common

    BalasHapus
  4. Mantap. Sebenarnya cara ini mudah untuk menghapal, asal paham. XZ hambatan terkecil sudah dipastikan Y adalah S. Karna kumparan S terletak antara XY. Jadi tetap S lebih besar dari R.

    BalasHapus
  5. Bagaimana jika CSR dalam kompresor pemasangannya terbalik?

    Makasi sebelumnya

    BalasHapus

KONTAK KAMI