PERBEDAAN KULKAS DEFROST DAN NO FROST

Sebuah alat pendingin rumah tangga pada dasarnya terdiri dari dua type yaitu lemari pendingin defros dan no frost. Perbedaan setiap pendingin tak lain hanya model dan mereknya.

Refrigerator
LG
SHARP
SAMSUNG
TOSHIBA
SANYO
POLYTRON
PANASONIC
Semua cara kerjanya dan komponen sama, jadi tidak menutup kemungkinan dapat kita pelajari tanpa harus tahu mereknya.

LEMARI PENDINGIN DEFROST
Lemari pendingin defrost adalah lemari pendingin yang cara kerjanya belum dilengkapi dengan sistem pencairan bunga es, jadi lemari pendingin ini masih memiliki bunga es yang cara membersihkannya masih manual. Disebut manual karena cara membersihkannya masih dengan cara memutar pengaturan suhu ke off atau dengan cara mencabut aliran listrik.

CONTOHNYA : KULKAS 1 PINTU
Pada kulkas satu pintu masih memiliki bunga es, bila tidak di cairkan secara manual, maka bunga es akan menumpuk hingga menggangu proses pendinginan dan akan memakan tempat pada ruang evaporator.

LEMARI PENDINGIN NO FROST
Lemari pendingin no frost adalah lemari pendingin yang cara kerjanya sudah dilengkapi dengan sistem pencairan bunga es secara otomatis, jadi sudah tidak perlu repot untuk membersihkan bunga es tersebut.


CONTOHNYA : KULKAS 2 PINTU
Pada kulkas 2 pintu sudah sudah memiliki sistem pencairan bunga es secara otomatis.


KOMPONEN YANG MEMBEDAKAN ANTARA LEMARI PENDINGIN DEFROST DAN NO FROST

KOMPONEN LEMARI PENDINGIN DEFROST ( KULKAS 1 PINTU )
- COMPRESSOR
- KONDENSOR
- EVAPORATOR
- THERMOSTAT
- PTC RELAY
- OVERLOAD

KOMPONEN LEMARI PENDINGIN NO FROST ( KULKAS 2 PINTU )
- COMPRESSOR
- KONDENSOR
- EVAPORATOR
- THERMOSTAT
- PTC RELAY
- OVERLOAD
- TIMER
- MOTOR KIPAS BLOWER
- HEATER
- THERMO FUSE
- THERMO DEFROST

Jadi yang membedakan antara kulkas satu pintu ( defrost ) dan kulkas dua pintu ( no frost ) adalah adannya Timer, Motor kipas blower, Heater, Thermo fuse dan Thermo defrost.

Apa fungsi dari komponen kulkas tersebut...?
Saya akan menerangkan fungsi dari komponen kulkas tersebut satu-persatu

Compressor Kulkas
Pengertian
Compressor adalah motor pumpa refrigrant, yang didalamnya terdapat kumparan starting dan ranning untuk memutar motor dan mengerakkan piston sebagai alat pompa gas refrigrant.

Fungsi Compressor
Compressor berfungsi untuk sirkulasi refrigrant, dengan cara memompa gas refrigrant.

Cara kerja compresor
Compresor ketika bekerja akan mendorong gas refrigrant melalui pipa tekan (discharge) kemudian menuju kondensor dengan wujud berupa gas, disini tekanan gas paling tinggi.

Gas refrigrant didalam kondensor mengalami kondensasi ( perubahan wujud dari gas menjadi cair ) tetapi masih bertekanan tinggi menuju filter yang berfungsi menyaring kotoran dan oli sebelum masuk ke pipa kapiler dengan diameter lubang 0,28 mm.

Setelah masuk ke filter yang sudah berwujud cair dan bertekanan tinggi lalu masuk ke pipa kapiler untuk mengurangi tekanan gas cair, setelah melewati pipa kapiler dan bertekanan rendah selanjutnya menuju evaporator.

Didalam evaporator, gas freon mengalami evapourasi yaitu penguapan. Gas refrigrant menyemprot dan menguap sambil membawa udara panas dalam evaporator ke compressor. Proses seperti ini berlangsung terus menerus sampai temperatur suhu ( thermostat ) menyatakan suhu sudah tercapai dan baru mesin kompresor berhenti bekerja.

maulana teknik



Gambar skema jalur gas freon ( refrigrant )
service kulkas tangerang


KONDENSOR KULKAS
Fungsi kondensor adalah untuk kondensasi gas freon dari gas ke gas cair.

EVAPORATOR KULKAS
Fungsi evaporator adalah sebagai tempat pengambilan panas oleh gas freon dengan cara merubah cairan gas menjadi gas, evaporator pada kulkas satu pintu juga berfungsi sebagai tempat menaruh dan membekukan bahan makanan atau minuman.

THERMOSTAT KULKAS
Pengertian Thermostat
Thermo : suhu, temperatur
Thermostat : alat untuk pengatur suhu yang didalamnya terdapat pipa air raksa sebagai pemicu tombol switch pada thermostat.

Fungsi Thermostat kulkas
Thermostat berfungsi sebagai alat pengatur suhu dengan cara menghidupkan dan mematikan arus listri ke compressor. Bila suhu belum tercapai, thermostat menghubungkan ke compressor, bila suhu sudah tercapai mesin compressor akan mati dengan memutus arus.
Thermostat ini fungsinya seperti saklar otomatis berdasarkan suhu setelan.

Letak Thermostat
Thermostat kulkas terletak di pengaturan suhu yang biasanya terdapat tulisan pengatur suhu low-medium-high, off-min-med-maks dan sebagainya.

Contoh Gambar
service kulkas tangerang

Pada gambar tersebut, seperti kawat yang melingkar adalah pipa air raksa yang berfungsi untuk sensor suhu, bila air raksa terkena hawa dingin akan mengembang dan mendesak tombol switch untuk memutus arus.

Kotak yang berbahan dari plat besi terdapat ring untuk setting suhu bila tidak tepat.

Sedangkan kotak plastik pada thermostat didalamnya terdapat tombol switch seperti platina.

Cara cek thermostat kulkas
Cek pada kedua pin dengan multitester, putar keposisi on dengan cara putar searah jarum jam, bila kedua pin tersebut terhubung maka thermostat masih baik dan bila thermostat diputar ke posisi off maka kedua pin akan memutus.

Ciri-ciri Thermostat Rusak
- selalu terhubung bila suhu tercapai / bila di putar ke posisi off dan diukur dengan multi masih tersambung.
- selalu terputus kedua pin walaupun diputar on maupun off.

Ciri-ciri kerusakan thermostat di kulkas
- pada kulkas satu pintu thermostat rusak bisa terjadi penumpukan bunga es yang tebal walaupun baru sehari
- Tidak dingin sama sekali disertai compressor mati.
- pada kulkas 2 pintu tertutupnya sirkulasi udara oleh bunga es.

PTC RELAY
PTC ( positive temperature coefficient ) merupakan alat penghubung kumparan pada compresor secara sementara. Pada waktu PTC dingin, berfungsi menghubungkan kumparan ranning dan starting. Bila motor compresor sudah berjalan, PTC berubah fungsi sebagai capasitor.

OVERLOAD COMPRESSOR
Berfungsi sebagai pengaman kumparan / lilitan motor compressor bila suhu atau amper terlalu tinggi dengan cara memutus arus dan menyambung arus kembali ketika suhu kembali dingin.

TIMER DEFROST KULKAS
Pengertian
Timer defrost kulkas adalah sebuah timer (pengatur waktu) untuk melakukan proses pencairan bunga es pada kulkas, timer ini selalu hidup dan berputar kecuali pada saat heater sedang memanaskan bunga es untuk proses pencairan.

Fungsi timer defrost kulkas
Berfungsi dalam mengatur proses pendinginan dan proses pencairan bunga es. Proses pencairan bunga es terjadi sekitar 8 jam sekali untuk mengaktifkan heater dan sekitar 7 jam untuk proses pendinginan.

Letak timer defrost kulkas
Letak timer defrost ada di kotak sebelah belakang kulkas, tepat nya ada di pojok kiri belakang kulkas, tapi ada sebagian merek kulkas yang meletakkan timer berada di dalam ruang pintu bawah.

Foto timer defrost
service kulkas tangerang
Cara cek timer defrost

1. Pada timer defrost ini bila masih berfungsi dengan baik, maka kita bisa cukup melihat roda gigi disebelah samping, yang terdapat kaca transparan untuk melihat perputaran roda gigi. Bila pada saat kulkas hidup timer ini akan selalu berputar, kecuali saat heater bekerja untuk memanaskan bunga es timer berhenti berputar.

2. Ukur pin soket pada timer defrost, pin timer defrost ada dua tipe yaitu pin 1-3 dan pin 1-4, untuk mengetahuinya bisa anda lihat pada skema kelistrikan di belakang kulkas tersebut atau ukur dengan multitester pada pin tersebut untuk mencari pin motor.
Pada pin motor beri arus listrik 220 volt, dan lihat apakah motor timer berputar atau tidak.

Kerusakan yang sering terjadi pada timer defrost
Bahan pengerak pada roda gigi timer ini terbuat dari bahan plastik, padahal timer ini hampir berputar setiap saat selama kulkas dihidupkan, kelemahan timer defrost ini terletak pada roda gigi yang mudah rusak (ompong).

MOTOR KIPAS BLOWER KULKAS
Fungsinya adalah menghembuskan udara dingin dari evaporator ke ruang freezer / utuk sirkulasi udara ( ruang pintu atas ) dan chiller ( ruang pintu bawah ).

HEATER KULKAS
FUNGSI DAN CARA KERJANYA HEATER KULKAS

Apakah heater itu.....?
Heater adalah sebuah alat pemanas.
Jadi heater kulkas adalah pemanas yang berfungsi untuk membantu proses pencairan bunga es.



Heater pada kulkas ada 2 macam :
service kulkas tangerang


# HEATER PIPA
Heater pipa ini terletak diantara pipa evaporator kulkas 2 pintu.

# HEATER KACA
Heater kaca ini terletak dibawah evaporator pada kulkas dua pintu

Fungsi kedua heater ini sama, yaitu mencairkan bunga es pada waktu proses defrost.


Cara kerja heater kulkas
Heater kulkas bekerja pada saat timer defrost posisi mencairkan bunga es setiap kurang lebih 8 jam sekali.
Pada saat defrost / pencairan bunga es, defrost thermo keadaan dingin dan menghubungkan arus listrik ke heater. Pada proses ini compressor dan kipas blower dalam keadaan off, ketika defrost thermo sudah tidak lagi dingin akibat terkena panas heater, maka defrost thermo akan memutus arus ke heater.

Selanjutnya timer kembali berputar dan berpindah ke proses pendinginan kembali, compressor dan blower kipas kembali bekerja.


Cara cek kerusakan heater kulkas
Disamping bisa lihat secara fisik untuk cek kerusakan, sobat juga bisa cek dengan beberapa cara
1. Ukur kedua ujung kabel pada heater kulkas dengan multimeter, bila terhubung kemungkinan masih baik.
2. Cara kedua dengan memberikan arus listrik langsung pada kedua kabel heater dengan arus listrik 220 volt. Bila heater panas, maka bisa dinyatakan masih baik, tapi bila tidak panas kemungkinan rusak dan harus diganti.

THERMO FUSE
Fungsi Thermofuse
Thermofuse tidak lain adalah sekring, bedanya thermofuse bekerja memutus arus bila terkena panas melebihi ukuran.
service kulkas tangerang
Thermofuse pada kulkas terleyak di tengah evaporator kulkas, umumnya di bungkus plastik tebal agar arus listrik pada themofuse tidak menempel ke evaporator.

Thermofuse ini berfungsi sebagai pengaman bila heater terlalu panas akibat kerusakan pada defros thermo yang tidak dapat memutuskan arus, bila hal itu terjadi maka thermofuse akan memutuska arus listrik ke heater.

TERMO DEFROST / BIMETAL
Pengertian
Defrost thermo / bimetal adalah sebuah komponen pada kulkas type nofrost yang berfungsi seperti saklar bereaksi dengan suhu dingin. Alat ini bisa disebut juga dengan sensor dingin, karena pada saat suhu normal alat ini tidak terhubung, tapi bila suhu minus dibawah 0° akan menghubung.

Fungsi defrost thermo
Alat ini berfungsi untuk menghubungkan arus listrik ke heater ketika timer menunjukkan ke sistem pencairan bunga es (defrost), ketika suhu mulai berkurang / kurang dingin, maka defrost termo memutus arus listrik ke heater selanjutnya timer kembali berputar dan berpindah ke posisi sistem pendinginan.

Tanda kerusakan pada defrost thermo
Tanda atau kerusakan yang terjadi pada defrost thermo ( bimetal ) pada kulkas 2 pintu adalah tidak terjadinya proses pencairan bunga es (defrost), tanda tidak terjadinya proses pencairan bunga es bila dilihat pada evaporator terjadi penumpukan bunga es yang tebal bahkan bisa jadi bukan berupa bunga es tapi sudah berupa penumpukan es

Bila diukur dengan mengunakan multimeter akan memutus walaupun suhu dibawah 0°.


Bagaimana cara kerja kulkas 1 dan 2 pintu...?



CARA KERJA KULKAS SATU PINTU



Cara kerja kulkas 1 pintu adalah ketika kulkas dihidupkan maka compressor akan menarik gas freon dari pipa evaporator dan mendorong ke kondensor dengan tekanan tinggi, ketika gas freon mengalami pemampatan dengan tekanan tinggi maka gas yang berada di kondesor mengalami kondensasi, yaitu berubahnya dari gas dengan tekanan tinggi ke embun gas dan akhirnya diruang filter gas berubah menjadi cair dan masih bertekanan tinggi mengalir ke pipa kapiler menjadi bertekanan rendah tapi masih berupa gas cair. Selanjutnya gas cair dari pipa kapiler mengalir ke evaporator sambil berubah dari cairan gas menjadi gas sambil mengambil hawa panas dari evaporator ke compresor.



Hal tersebut berlangsung secara berulang-ulang sampai suhu menjadi dingin dan thermostat sudah menyatakan suhu tercapai maka thermostat memutuskan arus ke compressor.

Kerusakan yang sering terjadi pada kulkas 1 pintu karena kesalahan dalam membersihkan bunga es, yaitu mencongkel bunga es dengan ujung pisau, obeng atau benda logam lainnya yang berakibat bocornya gas freon pada plat jalur gas di evaporator.



CARA KERJA KULKAS 2 PINTU



Cara kerja kulkas 2 pintu hampir sama seperti kukas 1 pintu, hanya saja karena evaporator ada didalam dinding sebelah dalam ruang pintu atas, maka sirkulasi udara dingin harus dibantu dengan motor kipas blower untuk di sebarkan ke ruang freezer ( pintu atas ) dan ruang chiller ( pintu bawah ). Untuk itu, motor kipas blower sangat penting peranannya dalam membantu proses sirkulasi udara dingin.


Pada kulkas dua pintu setiap sekitar 8 jam terjadi proses pencairan bunga es, hal ini berfungsi agar jalur sirkulasi udara tidak tertutup bunga es yang menumpuk yang berakibat mengurangi kedinginan baik di ruang freezer maupun ruang chiller dengan cara mengaktifkan heater oleh timer dan defros thermo sebagai sensor bunga es untuk menghentikan heater ketika bunga es berhasil di cairkan.


Kerusakan yang sering terjadi pada kulkas 2 pintu adalah tidak terjadinya proses pencairan bunga es akibat kerusakan pada salah satu alat pencairan bunga es tersebut dengan tanda kulkas dingin berkurang.




23 Responses to "PERBEDAAN KULKAS DEFROST DAN NO FROST"

  1. sangat bermanfaat., maju terus gan

    BalasHapus
  2. Klo mau modifikasi frezer box menjadi no froz apa bisa
    Trimakasih

    BalasHapus
  3. sangat membantu sekali bintang lima untuk mas sugeng atau siapapun adminnya semoga maju terus dan selalu mengeluarkan artikel inovatif, selamat.

    BalasHapus
  4. Akhirnya bisa tidur tenang terimakasih informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Kalau sensor defrosttermo'nya rusak dan terjadi penumpukan bunga es pada evapurator, apa berpengaruh pada freon berkurang....

    BalasHapus
  6. Klo kulkas 2 pintu tdk mau dingin & kompresor hidup sebentar lalu mati & sllu bgtu.. kira" apa masalahnya ya boss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek dulu timer sama operliadnya bang. Biasanya itu masalahnya

      Hapus
  7. Jaka sembung bawa golok
    Nggak nyambung goblok..

    BalasHapus
  8. Gan saya punya kulkas 2 pintu merk Polytron. Sebelumnya tidak pernah berbunga es. Baru2 ini sekitar 2 bulan muncul bunga es. Menjadikan kulkas yg bawah dingin berkurang. Kemudian saya bersihkan dengan cara pencairan membuka pintu kulkas dari siang sampe pagi ini belum tuntas. Butuh berapa lama lagi. Dan apakah. Mempengaruhi freon,dan maaf selama ini tidak pernah saya servis

    BalasHapus
  9. Kulkas saya no fross, merk dast akhir2 ini didalamnya kok airnya selalu menetes ( banjir ) gimana solusinya

    BalasHapus
  10. Cara untuk memeperbaiki apa bila ada salah satu komponen pencair bunga es rusak itu bagaimana pak?
    Kalo mau dijelaskan utk smua komponen yg bersangkutan juga lebih bagus pak

    BalasHapus
  11. Compresor hidup,blower kipas hidup,dalam freser dingin tapi pintu 2 (untuk chiler ngak dingin) Rusak apanya ini kulkas 2pintu no frost merk sharp

    BalasHapus
  12. Pengertian dan penjelasannya sangat bermanfaat banget....sukses selalu pak terima kasih

    BalasHapus
  13. Mau tanya Mas, kalau saat defrost berapa suhu dalam freezer?

    BalasHapus
  14. Mau taya Mas.kulkas saya kurang dingin d prizernya gak jadi es.bodinya kiri kanan panas terima kasih Mas

    BalasHapus
  15. Mau tanya mas... kulkas saya 2 pintu. Atas dingin yg bawah tidak. Sdh di cek tulang servis, utk metal defrost,fius,heater tsk mslh. Kemungkinan yg rusak modul sistem.apakah hrs semua komponen mesin diganti atau hanya modul nya saja.

    BalasHapus
  16. Mau tanya mas... kulkas saya 2 pintu. Atas dingin yg bawah tidak. Sdh di cek tulang servis, utk metal defrost,fius,heater tsk mslh. Kemungkinan yg rusak modul sistem.apakah hrs semua komponen mesin diganti atau hanya modul nya saja.

    BalasHapus




  17. Ada org guoblok numpang ngiklan...
    Hanya org guablok yg masih percaya pesugihan. Walaupun ada sejuta testimoni ngarang bebas dengan kedunguan dan ke guobokannya... semoga cepat mati org2 model begitu... amiin....

    BalasHapus

KONTAK KAMI