Tips untuk menghitung kebutuhan PK AC ruangan

Selama ini mungkin anda mengalami kesulitan dalam memilih sebuah AC untuk rumah dan kantor anda. Selain pertimbangan harga, ada hal yang juga menjadi pertimbangan utama yaitu berapa Paard Kracht atau yang lebih dikenal dengan sebutan PK. PK itu adalah satuan daya pada compressor AC bukan daya pendingin AC. Hal ini sangat penting karena besarnya PK akan mempengaruhi harga dari unit AC dan juga besar pemakaian daya listrik yang akan digunakan.

Oleh karena itu sebelum ada memutuskan membeli unit AC, anda sebaiknya menghitung terlebih dahulu berapa sebenarnya kebutuhan PK yang anda butuhkan agar sesuai dengan kondisi ruangan anda.

Untuk menghitung nilai PK, anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa untuk menentukan PK ada 3 (tiga) hal yang perlu anda perhatikan yaitu daya pendinginan AC (BTU/hr – British Thermal Unit per hour), daya listrik (watt), dan PK compressor AC. Berikut ini adalah tabel standard untuk menentukan kebutuhan PK berdasarkan BTU.

btu-tabel

service-ac-ciledug-tangerang


Untuk mencari nilai BTU menggunakan rumus :

(W x H x I x L x E) / 60 = kebutuhan BTU

W= panjang ruang (dalam feet)
H= tinggi ruang (dalam feet)
I= nilai 10 jika ruang berinsulasi (berada di lantai bawah, atau berhimpit dengan ruang
lain). Nilai 18 jika ruang tidak berinsulasi (di lantai atas).
L= lebar ruang (dalam feet)
E= nilai 16 jika dinding terpanjang menghadap utara; nilai 17 jika menghadap timur;
nilai 18 jika menghadap selatan; dan nilai 20 jika menghadap barat.

nilai 1 meter = 3,28 feet

Sebagai contoh kasus misalkan ruangan anda berukuran 5m x 5m yang jika dikonversikan ke dalam feet adalah 16 feet x 16 feet. Tinggi ruangan adalah 3 m atau 10 feet jika dikonversikan ke nilai feet dimana dinding panjang menghadap ke timur. Untuk menghitung nilai BTU dengan menggunakan rumus adalah :

BTU = (16 x 16 x 10 x 10 x 17) / 60 = 7.253 BTU

Dengan menggunakan tabel standard nilai BTU, 7.253 masuk ke dalam nilai PK 3/4, sehingga kebutuhannya adalah 3/4 PK. Demikian tips untuk mengetahui nilai PK AC ruangan, semoga bermanfaat untuk anda.

Hubungi kami sekarang juga untuk service AC semua PK


0 Response to "Tips untuk menghitung kebutuhan PK AC ruangan"

Posting Komentar

KONTAK KAMI